Thursday 6 October 2016

Happy 40 months

6 Oktober 2016

Happy 40 months, my dear Ems 😘😘😘

Ems usia 40 bulan udah bisa apa? Hmmmm... banyak... udah cerewet banget, setiap hari selalu menyanyi dan berceloteh terus menerus. Kayaknya baterainya ga ada habisnya hahahaha...
Tapi selalu tidur siang sekitar jam 1 atau 2 sampai jam 4 atau 5, karena kalau ga tidur siang, sore menuju malam itu uring2an, rewel, ya karena ngantuk.
Dari segi kognitif, Ems udah bisa menjumlah angka sampai dengan hasil akhir 10, sudah bisa mengeja suku kata.
Banyak orang bilang, kok anaknya udah bisa berhitung, kok anaknya udah bisa baca, kan seharusnya ga diajari karena usianya baru 3 tahun. Bahkan dari usia 2 tahun, Ems udah mengenal huruf.
Pernah ada kejadian di supermarket, aku lagi mengantri untuk bayar di kasir. Tiba2 Ems menyebutkan huruf2 yang ada di brosur yang tertempel di meja kasir. Ada seorang ibu bicara dengan suara keras pada anaknya (kira2 SMP), kira2 begini ucapannya, "Anak usia paud itu kan tidak seharusnya diajari calistung. Seharusnya anak paud itu hanya bermain, diajari calistung itu nanti masuk SD."
Aku tau, ibu itu sengaja bicara begitu pada anaknya (yang tidak menjawab apapun ucapan ibunya), karena melihat Ems yang masih 2 tahun menyebutkan huruf dengan lantangnya.
Pemikiranku adalah... apakah dengan anak mengenal huruf itu anak sudah diajari membaca? Apa bedanya dengan anak mengenal "ini gajah" pada gambar gajah dengan "ini a" pada gambar huruf a? Bukankah pengenalan huruf itu sama saja dengan pengenalan kosa kata?
Di sekolah jenjang playgroup pun (di sekolah Ems), anak mulai diajari mengenal huruf, walaupun hanya vokal.

Mengenai Ems yang sudah bisa berhitung sederhana dan membaca suku kata... aku hanya mengajarinya melalui bermain, mencoba melihat sensitif periodnya anakku sendiri.
Jika Ems memang tidak mau bermain atau diajari, aku ga pernah memaksanya. Aku tau, bahwa tidak mungkin memaksakan anak belajar membaca dan berhitung pada usia itu. Tapi yang terjadi adalah, Ems menyukainya, bahkan ia bisa membilang sampai puluhan dalam Bahasa Indonesia dan Bahana Inggris, yang aku - selaku mamanya sekalipun - ga menyadari ia belajar dari mana bisa membilang seperti itu 😅

Jadi intinya, menurutku, tidak ada salahnya mengajari anak bermacam2, seperti berhitung, membaca, musik, menari, menggambar, mewarnai, bahasa, apapun itu dengan syarat... anaknya juga menikmatinya. Jika anak sudah menolak, jangan dipaksakan.
Bukan berarti aku menginginkan anak usia 2-3 tahun untuk sudah bisa membaca dan berhitung... bukan berarti pula aku melarang tegas anak diajari membaca dan berhitung pada usia itu. Kembali lagi pada anaknya... just follow the child 😊