Wednesday 16 July 2014

Being a mom...

Menjadi seorang mama tidak semudah yang dibayangkan. Waktu berusaha untuk hamil, rasanya berat banget, harus berobat ini-itu, harus periksa ini-itu, bolak-balik ke dokter dll. Tapi begitu anak lahir, tugas yang sebenarnya baru kita jalani. Bukan cuma soal ngurusnya aja, tapi mendidiknya itu...

Sampai 6 bulan pertama kehidupan Emily di dunia, aku masih menyusui walaupun 2-3 bulan pertama dicampur sufor karena ASIku ga lancar keluar, tapi sesudahnya syukur bisa full ASI sampai sekarang usia Emily 15 bulan 4 hari.

6 bulan, Emily mulai dikenalkan dengan MPASI (makanan pendamping ASI). Aku yang buta soal mengurus anak, juga tanpa masukan dari orang sekitar, cuma berpedoman sama buku resep yang udah dibeli sebelumnya. Pertama Emily dikenalkan dengan berbagai macam buah dulu, tanpa pemberian bubur susu. Syukur anaknya ga susah makan (thx God).
Selang beberapa hari, dikasih tambahan bubur susu, hasil dari tepung beras putih & merah buatan sendiri😁 Awalnya aku ga mau terlalu kasih banyak makan karena anaknya udah ndud hihihi...

7 bulan, Emily dikasih bubur saring. Karena ga mau repot, belilah alat ajaib Takahi Slow Cooker hihihi...
Jadi subuh2 jam 2an, colokin tuh alat ajaib, jam 6 pagi udah jadi deh buburnya, tinggal saring. Juga buat sayur kukus & saring juga.

8 bulan, sudah mulai dikasih bubur biasa tanpa saring. Sayur lauk masih dikukus, mulai ga disaring tapi dicacah kecil2.

9 bulan, dikasih nasi tim. Ini masa2 paling sulit makan buat Emily. Ngadat yang ga mau makan, tutup mulut. Padahal sebelumnya lahap2 aja.
Ga lama pemberian nasi tim, cuma sekitar seminggu 2 minggu, anaknya malah lebih suka makan nasi. Jadi sejak itu udah mulai makan nasi lembek.

Usia 11 bulan Emily udah mulai bisa jalan tapi masih harus pegangan, sekarang jalan udah mau sendiri ga mau dipegang.

Soal mainan, Emily suka banget buka2 buku. Sejak usia 3 bulan udah dikasih teether berupa softbook. Sekarang suka sekali bolak-balik buku untuk lihat gambar2 yg ada di dalamnya. Kosakatanya juga udah terbilang cukup banyak. Berbagai binatang ia tau, sampai bisa meniru bunyi suaranya. Bebapa lagu ia tau sampai bisa menyambung sukukata terakhir kalimat di lagu.

Masa2 sekarang, Emily paling senang meniru kata2 atau tingkah laku kita. Kita bilang 'nah', ia ikuti, kita jalan jongkok ia ikuti. Memang masanya usia segini waktunya meniru, jd kita harus hati2 dengan segala ucapan & tindakan kita di depannya.

Kita sebagai orang tua pasti ingin tau sampai di mana perkembangan anak kita, bukan hanya soal fisik, tapi perkembangan kemampuan dari bicara, sosialisasi, dll. Kalau sy lihat dari tabel perkembangan anak sesuai usia, Emily sudah memenuhi semuanya. Tapi yang paling utama, kita jangan pernah membandingkan anak kita dengan anak lain karena setiap anak berbeda & unik.